Addthis

Kebakaran bisa terjadi kapan dan dimana saja, baik itu di kantor, rumah, restauran, kendaraan bahkan di mall-mall.

Tetapi tidak banyak dari kita mengetahui cara penggunan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang tepat. Jika salah menggunakannya, bisa mengakibatkan fatal bagi diri kita maupun orang lain bahkan harta benda.

Video di atas akan memberikan Anda edukasi teknik memadamkan api menggunakan APAR dengan tepat dan selamat.

Dalam video di atas, Anda dapat menggunakan teknik yang disebut PASS yang disingkat dari Pull, Aim, Squeeze dan Sweep. Teknik ini diambil dari bahasa inggris dan jika diartikan menjadi, Tarik, Arahkan, Semprot dan Sapukan.

Mari kita bahas satu per satu teknik PASS ini.

Sebelum Anda mendekat ke sumber api, pastikan posisi Anda sekitar 2,5 dari sumber api lalu lakukan teknis PASS.

1. Pull the Pin (Cabut pin)

Ketika terjadi kebakaran, ambillah APAR yang berada di dekat Anda dan menuju ke lokasi kebakaran. Saat di lokasi kebakaran, Cabut Pin yang terkait di APAR (lihat video di atas).

2. Aim Low (Arahkan kebawah)

Ketika pin telah ditarik, arahkan selang APAR anda mengarah Rendah ke dasar sumber api. Sebelum Anda menuju ke sumber api, amati pergerakan arah Angin. Arakahkan Apar Anda searah dengan arah angin.

3. Squeeze the lever (Remas Tuas)

Untuk mengeluarkan isi  APAR, Anda harus menekan tuas yang ada di APAR tersebut. Jika Anda melepaskan tuas, maka akan menghetikan semprotan.

4. Sweep side by side (Semprotkan dari samping ke samping)

Maju perlahan secara hati-hati mendekat bagian yang terbakar lalu semprotkan ke arah dasar api dari samping ke samping hingga api benar-benar padam. Jika belum padam, ambil APAR baru dan mulai dari tahap awal.

Ingat !!! Penggunaan APAR ini bukan untuk kebakaran yang sifatnya lama, tetapi APAR digunakan untuk penanganan awal. APAR ini hanya bekerja sekitar 8 hingga 30 detik, oleh karena itu Anda perlu menggunakannya dengan benar. Untuk menggunakannya dengan benar, Anda perlu mengikuti pelatihan penggnaan APAR.

Comments  

 
0 #1 Mc 2013-06-06 06:52
Makasih informasinya gan..

CARA MENINGKATKAN TRAFIC BLOG

HOW TO GET QUALITY BACKLINKS

BELAJAR BAHASA JEPANG
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh